Rabu, 15 Mei 2013

Pengertian Software dan Jenis Software Komputer

Software atau yang biasa disebut perangkat lunak merupakan kumpulan perintah yang dibuat dengan bahasa pemrograman yang memiliki suatu kesatuan yang sama sehingga menghasilkan program/applikasi yang memiliki nilai dan tujuan tertentu atau sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah.

Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware, adware) .

Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.

Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).

Software jika kita jabarkan dari jenisnya ternyata memiliki beberapa perbedaan, diantaranya :

1.Adware
Dari namanya kita bisa langsung menyimpulkan bahwa software jenis ini menyisipkan iklan di dalam programnya. Software jenis ini biasanya bersifat gratis namun dengan kompensasi iklan yang muncul.

2.Beerware
Software jenis ini bisa saya bilang unik karena beerware merupakan software yang berlisensi bebas. Software jenis ini bisa dipergunakan untuk tujuan apapun, namun jika pengguna beerware merasa software yang dipergunakan sangat berguna mengharuskan mentraktir beer jika bertemu dengan pembuat softwarenya.

3.Freeware
Software jenis ini sifatnya gratis dan bisa dipergunakan tanpa batasan waktu tertentu. Software jenis ini biasanya memiliki fitur yang kurang powerfull.

4.Shareware
Software jenis merupakan kebalikan dari freeware karena shareware memiliki batasan waktu tertentu dan mengharuskan user melakukan validasi kepemilikan software dengan serial number yang didapatkan dari membelinya. Software ini biasanya memiliki kemampuan yang powerfull.

5Spyware
Spyware merupakan software yang berfungsi untuk memantau ataupun memata-matai aktivitas komputer yang dilakukan oleh user. Software ini lebih sering disalahgunakan untuk kepentingan pencurian data.

6.Open source
Open source software atau software sumber kode terbuka merupakan software yang dapat diubah, ditingkatkan, ataupun disebarluaskan karena memungkinkan user untuk melihat source code dari software. Software jenis ini biasanya dikembangkan oleh perorangan ataupun komunitas dan memiliki lisensi General Public License (GPL).

Jenis software sebenarnya masih sangat banyak seperti, careware, crippleware, donateware, donationware, greenware, greyware, dan registerware. Namun berdasarkan penggunaanya 6 jenis software yang sudah saya jelaskan diatas merupakan jenis software yang paling sering dipergunakan.

     Sekian ulasan kali ini semoga bermanfaat.


Sumber : http://jurnal.heck.in/pengertian-software-dan-jenis-software-k.xhtml