Jumat, 01 Maret 2013

Gerabah Pagerjurang


Jika kita berkunjung ke daerah Pagerjurang Bayat, kabupaten Klaten, Jawa Tengah, maka kita akan menemukan para pengarjin di sekitar samping jalan (kanan kiri jalan).Di daerah klaten khususnya desa...
pagerjuarng sebagian besar memproduksi gerabah,macam dan bentuknya pun banyak bisa berfari misal piring,tempat payung,asbak,tempat buah,fas bunga,guci,bakaran sate,tempat sambal,tungku,wajan,bahkan mainan anak-anak pun juga ada.



Gerabah di atas tersebut adalah hasil dari desa Pagerjurang Khususnya di tempat Kedai Keramik Baskara yang sekarang mengembangkan Gerabah Batik Tulis,Gerabah Batik Tulis yang di kembangkan oleh Kedai Keramik Baskara baru muncul pertama kalinya,biasanya Gerabah itu di Batik dengan cat,tetapi kini baskar keramik membatiknya dengan malam yang biasanya untuk membatik kain.

Letaknya yang strategis di pinggir jalan membuat Desa Keramik Pagerjurang ini cukup berkembang. Terlebih jika musim  lebaran tiba sudah dipastikan daerah ini menjadi salah satu tujuan untuk memborong gerabah dengan harga miring. Mobil-mobil dengan plat luar kota tampak terparkir rapi di depan show room, sedangkan banyak orang tampak sibuk mencari gerabah sesuai dengan keinginannya untuk dibawa pulang ke rumah.
Dan yang cukup membanggakan adalah produk-produk dari Pagerjurang juga sudah menembus pasar ekspor.

Untuk menuju desa keramik pagerjurang ini bisa melalui jalan raya Klaten – Bayat, dimana jika berangkat dari Yogyakarta bisa ditempuh dengan berbagai pilihan, yaitu :
1.melewati Gantiwarno lalu ke Bayat atau 
         2.melalui Wedi lalu ke Bayat atau
                  3.menuju stasiun klaten lalu belok kanan menuju arah Bayat, kemudia tinggal ikutin jalannya.
Sedangkan bila berangkat dari Solo bisa langsung menuju kota Klaten lalu di pertigaan Stasiun Klaten langsung belok kiri terus mengikuti jalan sejauh sekitar sepuluh kilometer.


Sekian dari saya semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar