Senin, 13 Mei 2013

Ternak burung Jalak Suren







cara beternak jalak suren sudah banyak dilakukan para peternak burung saat ini. sebelum kita berternak burung jalak suren, harus kita ketahui cara membedakan jenis kelamin jarak suren tersebut sebelum kita jodohkan. cara membedakan jenis kelamin jalak suren adalah pada jenis kelamin jantan warna duburnya hitam dan pada jenis kelamin betina warna duburnya merah. kejelasan warna dubur tergantung dari usia burung tersebut.
proses perjodohan burung jalak suren
pada proses ini perlu di pastikan bahwa burung tersebut memang berjodoh setelah dimasukkan dalam kandang penangkaran pada sore hari. tapi sebelum dimasukkan dalam kandang penangkaran, taruh kedua sangkar burung yang akan dijodohkan berdampingan selama 1 minggu.
kandang penangkaran
kandang penangkaran yang baik menurut cara beternak jalak suren berukuran 1 x 2 m dengan ketinggian 2 m berbentuk kubus. sediakan juga tempat mandi burung suren karena birahi burung jalak suren akan bertambah setelah mandi. jangan lupa sediakan juga sarang kotak kayu berukuran  40 x 30 x 30 cm dan daun pohon pinus dibawah kandang untuk persediaan burung jalak suren membuat sarang.
usahakan didalam kandang di beri pohon yang masih hidup, seperti pohon beringin misalnya, yang dibawahnya terdapat sedikit rerumputan agar mirip seperti di alam liar. penambahan tempat bertengger yang besar dan lebar akan memudahkan proses perkawinan jalak suren, tidak lupa pula tempat makan dan minum jalak suren juga di sediakan.

pakan yang baik akan menambah birahi  dan mempercepat proses perkawinan jalak suren, pakan yang baik diantaranya adalah : pepaya, pisang dan serangga misalnya kroto, ulat bambu, ulat hongkong atau jangkrik
.
perkawinan
jalak suren biasanya berumur 10 – 12 bulan yang siap di tangkarkan, untuk betina yang baik berumur 1 tahun dan jantan berumur 1, 5 – 2 tahun. karena pada umumnya betina lebih cepat dewasa dibandingkan jantan.
setiap perkawinan jalak suren biasanya menghasilkan 3 – 4 telur. untuk mempercepat proses perkainan kembali jalak suren, sebaiknya penetasan dilakukan dengan mesin penetas. jadi perkawinan kembali tanpa perlu menunggu proses pengengkraman yang biasanya sampai 14 hari. anakan jalak suren siap di jual setelah berumur 1,5 bulan.
Artikel yang terkait dengan cara berternak jalak suren adalah : cara beternak jalak suren, cara berternak jalak suren, mitra gambar beternak jalak suren, komentar mengembangbiakkan jalak suren, cara penangkaran jalak suren, alamat penangkar jalak suren, jalak suren betina, jalak suren klaten, ternak jalak suren, cara beternak jalak suren, buku cara beternak jalak suren, tutorial cara beternak jalak suren, cara beternak jalak suren sumatra, cara beternak jalak suren kalimantan, cara beternak jalak suren papua.

kapan jalak suren dipisahkan, perbedaan jalak kebo jantan dan betina, gambar kandang penangkaran burung jalak suren, perbedaan jalak nias jantan dan betina, cara ternak jalak bali, Cara membuat burung jalak gacor, Jalak suren kalimantan, cara memaster jalak suren, ukuran kandang jalak suren, jual bibit ulat hongkong, cara menjinakan jalak kebo, cara bikin jalak suren gacor, jalak nias jantan, jalak papua, cara memilih anakan jalak suren jantan, cara ternak burung jalak suren, cara ternak burung jalak, cara menjinakkan jalak nias, Cara beternak jalak nias, menjodohkan jalak suren, cara merawat jalak suren supaya gacor, tips membuat jalak suren kalimantan, perawatan burung jalak suren pindah tangan, membedakan jalak nias jantan dan betina, penangkaran jalak suren di malang
Tags: , ,
 Sumber  :   http://caraberternak.com/cara-beternak-jalak-suren/